Tips & Trik Belajar Still Life Photography

Apa sih Still Life Photography itu?
Still Life Photography adalah gabungan dua kata , Still yang berarti Tetap dan Life adalah Hidup , yang jika di artikan memotret objek agar terlihat tetap hidup atau nyata , dalam Still Life Photography kita memerlukan pencahayaan yang cukup dan latar belakang yang baik .
Lalu bagaimana sih memotret Still Life Photography?
Berikut ulasan nya :)

You Need : Tripod , Lighting , Lens >50mm , Kreatifitas dan Pengaturan Kamera yang Sesuai.

1.I Love Music .
Dalam gambar ini saya menggunakan latar belakang putih , saya gunakan kain putih yang di belakang nya saya beri sandaran agar Headphone dan Kalung tersebut bisa terlihat tetap tegak tanpa goyang atau bergerak . untuk lighting nya saya tidak menggunakan lighting khusus , saya hanya menggunakan satu lampu meja belajar listrik yang saya arah kan dari atas kiri sehingga menimbulkan efek terang ke gelap .
Pengaturan kamera saya menggunakan bukaan F/5.6 pada exposure 1/50 sec dan ISO 400 dengan FL 50mm.
Saya memotret dua kali pada foto tersebut , yang pertama fokus ke Headphone , kedua fokus ke kalung Cinta , lalu saya gabungkan kedua foto tersebut di Photoshop dan saya olah kembali di Lightroom , dengan menyetel highlights dan kontras .

2.High Key of Fresh Fruits!
Dalam foto ini saya menggunakan latar belakang putih dan lighting yang saya sorotkan dari atas objek . saya menyorotkan cahaya dari atas guna mendapatkan efek shadow atau bayangan yang cantik dan berbeda . dan terlihat segar dengan menyemprotkan air ke buah tersebut dengan menggunakan spray .
Settingan kamera pada bukaan F/5.6 pada exposure 1/125 sec dan ISO 100 dengan FL 60mm.
Disarankan menggunakan bukaan yang kecil seperti F/8 atau yang lebih kecil , guna mendapatkan ketajaman yang lebih merata .

3.Life is Colorful!
Dalam foto ini saya gunakan gelas yang berisikan air dan beberapa pensil sebagai objek nya .
Saya memotret 4 bagian objek , mulai dari pensil bagian depan , kiri , kanan dan belakang agar terlihat tajam semua . arah cahaya dari serong kiri .
Settingan kamera pada bukaan F/6.4 pada exposure 1/125 sec pada ISO 100 dengan FL 200mm.

4.Egg's in Love :)

Dalam foto ini saya menggunakan latar belakang putih yang di belakang nya terdapat sandaran agar objek Telur tersebut tidak jatuh dan tidak bergerak . lalu untuk Telur nya saya lukis membentuk sebuah wajah senyum dan wajah nyaman atau tenang . kemudian saya mengambil sebuah Bunga yang saya cabut pinggiran nya menjadi beberapa bagian . dan saya taruh bunga bunga yang telah saya cabut di depan Telur tersebut . dan untuk menambak kesan agar tidak kosong pada bunga bunga tersebut , saya menggunakan Sahang atau Butiran Merica yang belum jadi . lalu sisa dari bunga tersebut saya taruh di atas kedua Telur tersebut sebagai Mahkota :D
Pengaturan kamera pada bukaan F/5.6 pada exposure 1/50 sec pada ISO 100 dengan FL 90mm.

5.Red Hot Chilli Pepper!

Dalam foto ini saya menggunakan konsep yang jauh berbeda , maka dari itu Anda memerlukan :
-Meja Kaca yang kokoh ( kayu lebih baik )
Kenapa menggunakan Meja Kaca? Karena kaca akan memantulkan objek , yang membuat efek Reflection , dan terlihat lebih unik .
- 2 buah kain hitam , kain pertama di letakkan di bawah kaca meja , kain kedua di gunakan di belakang objek sebagai latar belakang .
-Ide dan Konsep itu terpenting ya :D
Setelah Anda menyiapkan semua kebutuhan nya , mulailah untuk memotret objek tersebut .
Gunakan Lighting yang menyinari objek dengan cahaya yang berbeda . seperti dalam foto tersebut Daun salam saya arah kan kedepan seperti pelindung Cabe , dan lighting saya arahkan ke tengah tengah antara Daun salam dan Cabe sehingga menimbulkan kesan yang berbeda ketika melihat nya .
Lalu untuk mempercantik objek nya , saya tambahkan sedikit taburan Merica di sekitar pinggiran Cabe dan Kemiri .
Pengaturan kamera pada bukaan F/8 pada exposure 1/20 sec pada ISO 200 dengan FL 55mm.

S E M O G A   A N D A   B I S A   M E M P E L A J A R I N Y A :)

0 komentar:

Posting Komentar