Tips & Trik Belajar Low Speed Photography

Apa itu Low Speed Photography ?
Low Speed Photography atau dalam bahasa Fotografi nya itu LS adalah memotret objek dengan shutter speed yang lambat atau berdurasi , seperti memotret 1" detik hingga tertinggi 30" detik ..
Dalam Low Speed Photography ada beberapa teknik yang harus kalian ketahui , berikut ulusan nya :




















1.Light Trail
Light Trail atau kelebatan cahaya/lampu ini adalah teknik yang sering sekali di jumpai oleh para Photographer , teknik ini membutuhkan Tripod sebagai penyangga kamera agar tidak goyang saat memotret dengan kecepatan rana yang lambat , dan jika ada gunakan Shutter Cable Release sebagai alat agar kita dapat memotret lebih mudah tanpa harus menekan tombol shutter pada kamera , biasa nya dengan menekan tombol bawaan dari kamera akan menimbulkan sedikit vibrasi yang membuat kualitas foto tidak tajam , dengan begitu kita memerlukan Shutter Cable Release .
Cara pertama memotret Light Trail :

1.Carilah tempat dimana terdapat kelebatan cahaya/lampu , biasa nya sering kita jumpai kendaraan yang lalu lalang melintasi jalanan kota , kita dapat mencari angle atau sudut terbaik dalam mengambil gambar tersebut , misal nya di atas Fly Over , trotoar atau jembatan penyebrangan .

2.Pilihlah waktu yang tepat dalam mengambil pemotretan . Objek yang akan kita foto misal nya kendaraan yang lalu lalang, hindari memotret kendaraan pada saat kemacetan , karena hal ini tidak akan membuat foto menjadi light trail , adanya akan menjadi overexposure .
Jadi solusi nya kita cari lokasi kendaraan yang benar benar tidak berhenti atau terus berjalan .

3.Gunakan Tripod (wajib) , dan Shutter Cable Release ( kalau ada ) .
4.Pilih mode pemotretan Manual , dalam hal ini kita harus menggunakan aperture/bukaan kecil seperti F/11 hingga F/32 , karena dengan aperture/bukaan kecil kita dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk sehingga tidak terjadi overexposure . Setelah itu gunakan ISO rendah seperti 100 hingga 400 , efektif menggunakan ISO 100 , karena hal ini dapat mengurangi noise atau bintik bintik pada gambar yang tentunya akan mengurangi kualitas gambar itu sendiri .
Dan yang terakhir tentunya kita harus menggunakan shutter speed yang lambat , seperti 15" detik hingga 30" detik , jika Anda ingin shutter speed lebih lama dari 30" detik , Anda bisa menggunakan mode Bulb pada kamera , dan gunakan Shutter Cable Release yang biasa nya terdapat fitur Hold .

0 komentar:

Posting Komentar